Jumat, 08 Juni 2012

Pengenalan Bag.1



PENGENALAN Bag.1


Apa, siapa dan kenapa P.P.Baiturrohmah Malang saya munculkan di dalam postingan blog saya ? Sebelum dijawab, dalam postingan blog saya yang sebelumnya sudah saya uploadkan ilustrasi apa dan siapa P.P.Baiturrohmah itu secara umum. Ucapan terima kasih saya untuk saudara dunia akhirat saya, yang sudah mengijinkan saya untuk meng-copy materi postingan beliau dan untuk dimuat di dalam blog saya. Namun bukan tanpa syarat beliau memberikan ijin. Syaratnya apakah uang, penyertaan wordpress beliau di dalam blog saya, atau beberapa keuntungan untuk beliaunya ? Ternyata bukan ! Syaratnya sungguh khas aroma ilmu dari P.P.Baiturrohmah yaitu manfaat. “Jika bermanfaat silahkan”, begitu ! pesan yang saya terima dari beliaunya. Beliau adalah seorang santri dari P.P.Baiturrohmah Malang, sedangkan saya hanya pernah tidur di P.P.Baiturrohmah Malang. Syukur–syukur masih dianggap santri. Saya hanya bisa berdo’a semoga beliaunya mendapatkan ridhlo Alloh S.W.T sehingga diberikan mahabbah dan ma’rifat kepada-Nya. Amiien! Dan Insya Alloh bermanfaat mas bro.

Setelah mengetahui ilustrasi apa dan siapa P.P.Baiturrohmah Malang secara umum. Sekarang akan saya ceritakan menurut pengalaman saya sendiri dan dari sudut pandang pribadi dengan bonus kenapa. Yakni kenapa P.P.Baiturrohmah ini saya pilih dan munculkan di dalam blog saya.

Apa ? Apa P.P.Baiturrohmah itu ? Menurut saya, P.P.Baiturrohmah itu adalah sebuah pondok pesantren yang mengkhususkan ajarannya di dalam bidang pembinaan dan pembenahan kerohanian Islam. Menuju manusia yang dapat merasuk Al-Islam itu secara hakiki dan berkeseluruhan. Mulai dari syari’at, thariqat, haqiqat dan ma’rifat-Nya. Sehingga menjadikan manusia – manusia yang sesuai dengan Kehendak-Nya di segala tempat, waktu dan kondisi.

Siapa ? Siapa P.P.Baiturrohmah itu ? dari pengetahuan saya selama 8 tahun belajar dan mempelajari P.P.Baiturrohmah ini, pondok pesantren ini didirikan oleh Asy-Syaikh KH.Abdul Chayyi Muchyiddin Al-Amien (Yayi). Awalnya saya pikir nama tersebut adalah memang dibawa semenjak lahir. Ternyata bukan ! Nama beliau mulai dari Muchyiddin Al-Amien adalah pemberian Alloh Azza wa Jalla melalui aparatnya yang terpilih sewaktu Yayi menunaikan ibadah haji di Makkah al-Mukaromah. Itu adalah salah satu keistimewaan beliau dan masih banyak lagi sebenarnya namun tidak dapat saya ceritakan di dalam post yang ini, mungkin bisa diceritakan di lain waktu. Beliau mempunyai putra yang kemudian menjadi penerusnya yakni Asy-Syaikh KH.M.Sholeh Hudi Muchyiddin Al-Amien yang sekarang menjadi pengasuh pondok pesantren Baiturrohmah dan sekaligus menjadi guru saya(semoga saya  masih pantas dianggap murid). Beliau (Yayi) adalah putra dari Asy-Syaikh Muhammad Sholeh yang mana putra dari Asy-Syaikh Hasan Munadi yang apabila dirunut adalah keturunan dari Asy-Syaikh Syarif Hidayatulloh atau biasa dikenal sebagai Kanjeng Sunan Gunung Jati.

Beliau ( ‘Yayi’ begitu santri sepuh memanggil, sedangkan untuk saya ‘mbah chayyi’ ) mempunyai peranan penting di dalam sejarah Negara Indonesia ini. Baik dalam proses sebelum maupun sesudah kemerdekaan, dalam waktu perjuangan maupun pengisian kemerdekaan. Yayi juga berjuang secara fisik sewaktu jaman perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia, beliaunya pernah berada di dalam organisasi perjuangan kemerdekaan Indonesia yang bernama laskar hizbullah. Dan setelah merdeka beliau kembali pulang untuk fokus membangun pondok pesantren. Sebelum beliau mendirikan bangunan pondok pesantren, Yayi selalu mengajak muridnya untuk berjalan – jalan. Terkadang di lembah pesawahan yang cukup luas, kadang juga masuk hutan, dan sering juga berkhalwat di Gua. Beliau seringkali mengerahkan santri-santrinya untuk berjuang dan membangun Negara baru yang bernama Indonesia ini.

Sebagai hasilnya terlahir suatu konsep pancasila yang baru saja kita peringati harlahnya tertanggal satu bulan enam atau satu juni yang selalu tiap tahun diperingati di Negara Indonesia ini. Adalah KH.Anwar Thohir yang mencetuskannya dan kemudian dibawa oleh jasad Bung Karno. Siapakah KH.Anwar Thohir itu ? Beliau adalah santri pertama dari Asy-Syaikh KH.Abdul Chayyi Muchyiddin Al-Amien atau Yayi. Kyai Anwar ini juga waktu jaman presiden Soeharto mendapat amanah untuk merumuskan P-4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dan atas jasa beliau, Pak Harto waktu itu mau memberi beliau sebuah pondok pesantren yang letaknya di pulau Sumatera, namun beliau menolak dan kembali ke pondok pesantrennya sendiri yang terletak di Sonotengah, Malang.

Banyaknya masjid – masjid yang dibangun di seluruh Indonesia adalah juga buah dari Yayi yang pada saat th.1970 – an terkenal di media massa waktu itu dengan berita ‘Soekarno bangkit kembali’ karena saking miripnya beliau menyalin rupa seperti Soekarno untuk menemui Presiden Soeharto di istana Negara dan meminta beliau (Pak Harto) untuk memperbanyak dan memudahkan pembangunan masjid – masjid di seluruh Indonesia yang pada waktu itu masih sedikit.

Di zaman reformasi pun juga tidak terlepas dari kiprah santri – santri Yayi. Adalah Abah To’ib padangan, Mojokerto yang mengawal masa transisi dan untuk mengisi kekosongan sekaligus untuk peredaman situasi dengan menggunakan jasad KH.Abdurrahman Wachid atau yang biasa dikenal dengan sebutan akrab Gus Dur. Dan masih banyak lagi kiprah dan jasa dari Yayi maupun santri - santri pondok pesantren Baiturrohmah Malang ini terhadap Alam Raya, Dunia, Negara, Masyarakat pada umumnya yang tidak dapat disebut satu – persatu. Perlu diketahui bahwa di pondok pesantren Baiturrohmah tidak ada istilah alumni, yang ada adalah santri tua.

Beliau – beliau yang berjasa dan sudah banyak berprestasi dalam kehidupan di alam raya ini adalah manusia – manusia yang berhasil mengamalkan dan memahami ilmu Alloh Azza wa Jalla yang diamanahkan kepada Asy-Syaikh dengan benar, sehingga dapat berdaya guna sesuai dengan tujuan Al-Islam itu sendiri yakni rahmatan lil ‘alamiieen. Semoga saya bisa menjadi seperti beliau – beliaunya yang diberikan jalan yang lurus, yakni jalan orang – orang yang diridhai oleh Alloh S.W.T. Sehingga dapat menjadi termasuk golongan orang – orang yang diridhai oleh-Nya. Amiieeenn.

Kenapa ? Kenapa Pondok Pesantren Baiturrohmah Malang ini saya anggap penting dan saya munculkan di dalam blog saya ? Karena pondok pesantren Baiturrohmah dan ilmunya dengan kehendak-Nya membuat saya masih bisa hidup sampai saat ini. Di dalam situasi saya yang sangat luar biasa beratnya, yakni menjadi korban eksperimen jahat pemerintah dengan segala implikasi yang terus mengenai saya sampai saat ini, saya masih bisa kuat menjalani kehidupan. Banyak sekali manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari dan mengamalkan ilmu kerohanian islam di dalam pondok pesantren Baiturrohmah Malang ini, yang menurut hemat saya sangat diperlukan di dalam menjalani kehidupan di zaman yang semakin rusak ini.

Demikianlah sekedar pengenalan terhadap saya yang saya kaitkan dengan pengenalan terhadap pondok pesantren Baiturrohmah Malang ini, karena jika ingin mengenal saya maka kenalilah pondok yang satu ini. Karena pondok inilah yang melahirkan dan membentuk seorang saya yang bernama Herdi Pramudhito yang sudah dikenal diseluruh dunia dengan bermula dari fenomena yang menimpa saya kemudian berlanjut dari peran saya di dalam menjadi penyebar rahmat di seluruh alam raya ini. Sehingga menjadi seorang pemuda yang Insya Alloh paling berpengaruh di alam raya ini. Sampai mandat saya dicabut. Heuw…heuw…heuw… ;P . Demikian, semoga bermanfaat !




4 komentar:

  1. blognya harusnya yg statis aja supaya bisa di baca maklum mata saya rada eror, thx

    BalasHapus
  2. sekedar masukan,,,tolong kalo buat blog yg biasa aja biar enak di bacanya,,,,kalo begini di bacanya mata nya nyut nyut nyut.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    maaf saya mau nanya ,apakah pp baiturohmah menerima santri putri ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, lama sekali sampe lupa kalo pernah punya blog ini ... Abzanuft, iya menerima mbak, kalo mau silaturrahmi sama saya via email saya yah nalahamada85@gmail.com ... Biar bisa saling kenal ...

      Hapus